Wednesday, May 18, 2016

Tutorial Membuat Karikatur Dengan Photoshop

Langkah 1 Bahan-Bahan


Cara Membuat Karikatur Dengan Photoshop mudah


Langkah 2 Menyeleksi Gambar

Bukan Photoshop kalian , lalu buka Gambar yang sudah sobat siapkan . dan Hilangkan gambar gembok pada layer . caranya cukup Klik 2 kali pada gambar gembok/kunci
Cara Membuat Karikatur Dengan Photoshop mudah
Cara Membuat Karikatur Dengan Photoshop mudah
Selanjutnya kita akan Menghilankan Backgorund foto . untuk menyelesia dengan Kondisi foto diatas akan lebih cepat menggunakan magic Wand Tool . aktifkan Magic wand Tool dan silahkan Klik pada Bagian Backgraound , maka secara otomatis background terseleksi semua . Dan sepertinya masih ada bagian-bagian yang belum terseleksi yaitu bagian Lengan . untuk menyeleksinya tekan dan tahan tombol SHIFT di keyboard ,kemudian tambahkan seleksi pada bagian yang bolong . dengan cara Klik pada bagian tersebut.
Cara Membuat Karikatur Dengan Photoshop mudah


Jika sudah terseleksi semua tinggal tekan Tombol CTRL + Del dan backgroundpun sudah hilang .

Langkah 3 Memisahkan Bagian kepada dengan Badan

langkah selanjutnya yaitu memisakan bagian kepala dan badan . Kenapa harus di pisah ? karana karikatur pada bagian wajah harus di buat unik dan lucu , Nah untuk itu kita harus memisahkannya dan membuat kepalanya lebih besar dari badan .
silahkan seleksi pada bagian kepala , gunakan pen tool ntuk menyelesksi agar lebih mudah . seperti gambar di bawah ini






jika sudah terseleksi pada bagian kepala anggak keatas dengan mengguankan Move Tool Membuat Pohon Kepala Dengan Photoshop (Photoshop Horor) lalu tekan CTRL + J untuk memisahkan kepada dengan membuatkannya layer . perhatikan kolong layer makan akan mucul layer baru .




untuk mempermudah membedakan layer sebaikanya di beri nama . caranya tinggal klik 2 kali pada bagian nama layer lalu rubah namanya


selanjutnya kita akan memperkecil bagian badannya . pastikan kalian berada di layer badan , tekan CTRL + T untuk mengecilkan ukuran badan . jika sudah tekan ceklis pada pojok kanan atas . oh iya jika kepalanya jadi 2 hapus saja bagian kepala di layer badan .


badan sudah kecil, sekaran saatnya gilirian membuat kepalanya menjadi besar . pastikan kalian berada di layer kepala lalu tekan CTRL + T untuk membersarkan bagian kepala .



langkah 3 Karikatur

sekarang saatnya membuat wajah menjadi karikatur yang lucu . untk membuat wajahnya Menjadi lucu dengan cirikhas mata besar , telinga besar , dan ekspresi wajah yang lucu dapat di buat menggunakan tool yang sudah ada di photoshop yaitu Liquify .
Pastikan kalian berada di layer kepala lalu Klik menu Filter => Liquify


perkecil bagian lehernya agar nanti pas dengan badannya

jika sudah , mulailah dari dari bagian Kupingnya . tinggal tarik-tarik ya :D biar besar

selanjtunya tinggal di tarik-tarik saja . seperti bagian alis . bibir , hidung . dan rahang. kira-kira nanti hasilnya akan seperti ini

gimana kerenkan , sebernya itu suduh jadi tapi kurang ada efek kartunya . untuk itu lanjut ke langkah 5 :)

Langkah 5 karikatur Smudge Painting

untuk membuat efek kartun bisa kita gunakan teknik Smudge Painting . jika kalian belum tahu apa itu Smudge Painting silahkan baca artikel Merubah foto menjadi Kartun dengan Photoshop ( Smudge Painting)
agar lebih mudah dalam menggunakan Teknih Smudge Painting sebaiknya gabungkan semua layer menjadi satu . caranya mudah kok , sambil menekan CTRL di keyboard , klik semua layer yang ada , kemudian klik kanan dan pilih Merge Layers.



Sekarang Klik Menu Filter => Paint Daubs Kemudian muncul kotak dialog paint daubs dan atur seperti gambar di bawah ini.


dan hasilnya akan ada bintik-bintik .

sekarang aktifkan Smudge Tool lalu Gunakan tipe Faux Finish Brushes dan atur parameternya seperti ini.


oke kita akan memulai dari rambut , untuk bagian rambut gunakan model Faux Plastic Brushes / 90 seperti gambar di atas . sekarang gosok mengikuti bentuk rambut . dan seperti ini hasilnya

Untuk bagian kulit dan baju gunakan model Stencil Sponge Twirl/65 . lalu gosongkan mengikuti bentuk wajah .

dan hasilnya akan seperti ini

sebenrnya hasil di atas sudah bagus , tapi untuk mempercantik lagi kita akan mempertajam hasil smudge . caranya Kli menu Filter » Sharpen » Smart Sharpen.
Kemudian muncul kotak dialog smart sharphen seperti ini, silahkan atur sesuka Anda sesuai feeling anda. Kemudian tekan ok,


oke selesai .
berikut ini adalah Foto yang sebelum di edit .


dan ini adalah hasil akhri dari tutorial di atas
Cara Membuat Karikatur Dengan Photoshop

No comments:

Post a Comment